"Ada Apa dengan Musik Indonesia?"

3:30:00 PM




Buah manggis buah Rambutan..
Yang disono jangan nangis dan rebutan.
Karena masih ada gue si manis dari sebrang hutan.
Hahaha.. *abaikan

Habis bersih-bersih dan ngilangin debu di blog. Kalau dipikir-pikir gue sudah lama banget yah kaga mampir di mari.Yah, maklumlah jaringan i-net gak selancar kalau kita nongkrong di warnet. Gue cuman pake modem yang kadang ada kadang iya, yang kadang diisi kadang enggak. Bahkan lebih tepatnya jarang diurus, jadi untuk itu gue minta jangan dipikirin yah. Anggep aja gue baru bikin postingan kemaren, kemaren dan kemarennya lagi alias tahun kemaren. ha ha ha #garing

Sebagai seorang blogger tua yang gagal, gue pengen bikin gebrakan baru di blog gue. Apa itu? eng ing eng. "Gue bikin postingan baru guys.." WHAT???

Kali ini gue mau ngomongin masalah musik di Indonesia. Kira-kira kalian pada setuju nggak sama tema gue kali ini? Setuju dong yah, kalau kagak setuju mah nggk mungkin kalian baca postingan ini he he.. Sepanjang jalan kenangan yang kita tahu, sekarang ini musik di indonesia bisa dibilang sedang dalam masa Collapse. Tahu collapse gak? semacam makanan yang terbuat dari singkong, ubi atau pisang itu lho yang biasa laris - manis kalau mau buka puasa? HEH? KOLAK maksud loe de? jauh banget yah plesetannya. Maklumlah gue bukan komedian yang pandai bikin joke-joke-an, jadi lagi-lagi suka garing gini ha ha..

#Backtothetopic Collapse itu bisa dibilang roboh/runtuh yah sejenis hampir mendekati ajal alias mati. Sejenis sekarat biasa kita bilang mah, tapi emang beginilah keadaan musik kita sekarang. Jujur aja yah, kalau dibandingin musik jaman sekarang sama dulu jelas banget gue milih jaman dulu. Kenapa? yah kalian tahu dong musik jaman dulu itu lebih berbobot dari jaman sekarang. Lirik lagunya juga lebih mendalam, bukan ecek-ecek atau ngopy lagu orang. Bandingin aja sama jaman sekarang yang kagak tahu makna lagunya kemane, bahkan sekarang banyak penyanyi-penyanyi kita yang menyanyikan lagu-lagu lawas atau recycle ulang. Terlihat dong lagu jaman dulu masih dikenang dan masih banyak peminatnya.

Sebenarnya gue mulai kurang suka sama musik Indonesia itu waktu jaman ramainya musik melayu. Yah gue emang termasuk orang yang tidak begitu suka lagu-lagu melayu dan sejenisnya. Makanya gue lebih demen ngedengerin musik barat dari pada musik dalam negeri. Tapi itu sih masih mending dibandingin sekarang, setidaknya melayu memang musik asli dari negara kita bukan hasil ikut-ikutan negara luar.

Hmm, ngomongin musik sekarang ini nih, beh rasanya gedek banget. Gimana enggak coba, bayangin aja setiap gue nyalain tv dan liat acara musik pasti nongol deh segerombol orang yang ngedance dan komat-kamit tanpa suara (baca: Lipsync). Semenjak berkembang biaknya boyband/girlband di indonesia gue sudah jarang banget liat penyanyi-penyanyi berbakat lainnya nongol di tv. Itulah sebabnya kenapa gue kurang up-date sama musik Indonesia.

Sebenarnya sih gue gak masalah kalau indonesia pengen bikin boyband/girlband, kagak ada yang ngelarang kok. Tapi sadar diri aja lah kalau mau ngikutin ide negara orang. Apakah kalian sudah lebih baik atau nggk? Seperti senior musik bilang. "Kalau memang mau ngikutin orang itu usahakan buat suatu hal yang sama persis tapi lebih bagus dari yang kalian ikutin, yah kalau gak bisa kalian bikin sesuatu yang sebeda mungkinlah". Tapi yang ada sekarang apa? sudah ngikutin konsep orang juga, Eh hasilnya malah lebih jelek. Emang keliatan kok mana yang sudah bener-bener full persiapan dan latihan sama yang instant itu jauh banget perbedaannya.Yah, gue sih bukan mau ngejelekin karya anak bangsa. (Tapi emang jelek sih *oopps #kidding). Gue cuman malu aja, kita seolah-olah seperti nggk punya jati diri gitu.

Mungkin indonesia mau ngebuktiin pada orang luar kalau indonesia juga bisa bikin boyband & girlband. Yah boleh sih, dari awal gue juga bilang gak masalah. Tapi apa kalian sudah bener-bener punya persiapan yang matang? Yang makin bikin gue ketawa terbahak-bahak ada pula salah satu boyband/girlband yang bilang pengen GO INTERNATIONAL. Wew, Are you Seriously? hmm, okelah gue maklum kalau setiap orang pasti punya mimpi. Tapi yang gak bisa dimaklumim adalah kenape lo harus mengumbar mimpi lo itu ke public. Yah beginilah jadinya, sedangkan yang berkualitas macam Agnes Monica aja masih dicibir orang waktu dia ngumbar pengen Go Internasional. Nah, sedangkan kalian yang jelas-jelas masih dibawah standar pengen keluar negeri.
Hmm, paling-paling juga mentok di negara tetangga yang penontonnya rakyat Indonesia juga.

Terus, bagusnya gimana nih de? Ehmm, kalau menurut gue nih yah bikin deh suatu hal yang beda dan mencitrakan Indonesia banget. Paling nggk anggota mempunyai skill dan talenta yang baik. Bukan hanya baik tapi juga sangat baik, carilah yang benar-benar good looking (maunya gue), best singer (penting!) dan bertalenta dalam dunia entertainment. Masa diantara beratus-ratus juta masyarakat indonesia kagak ada sih? terus audisi mereka tapi jangan langsung ngegroup gitu deh tetapi personal alias satu-satu. Terus tinggal di traning lebih keras aja.. Gue yakin kalau semuanya penuh persiapan, hasilnya pasti gak bakal mengecewakan deh (percayalah).

Sebenarnya kalian tahu nggk sih kalau musik kita itu lebih kaya lho dari negara lain? Contohnya aja kita punya penyanyi aliran rock, jazz, pop, sariosa, klasik, R&B, dangdut, keroncong, melayu dan masih banyak yang lain. Dari Situ aja kita sudah tahu kalau indonesia mempunyai banyak ragam jenis musik. Ditambah lagi jenis suara para penyanyi-penyanyi asal Indonesia pun banyak yang beragam. Dan yang paling gue sayangkan adalah kenapa kita harus selalu mengikuti mode alias yang lagi happening saat ini? Kenapa harus selalu jadi followers sih kalau sebenarnya kita itu punya basic untuk menjadi following bagi negara lain?


Oke.. Sekian ini aja bacotan dari gue.Semoga Musik Indonesia bisa kembali bangkit dan Menggebrak Dunia. Amin! Maju terus musik Indonesia !! Bye all.. See you next time.








sumber gambar : - search google or http://widiasmoro.web.id/?p=1813

You Might Also Like

4 komentar

  1. musik Indonesia skrag tu bnyak yang niru dari Korea :)

    tapi tetap bagus didengar.

    ReplyDelete
  2. sekarang mau dukung musik Indonesia gimana, dianya sendiri ikut2an orang lain, nggak original. Semoga lebih maju lagi

    ReplyDelete
  3. Karena semua terjadi pada eranya,
    jika kemarin kemarin banyak musik melayu sekarang adalah masanya BB/GB.

    Maju terus musik Indonesia :D

    ReplyDelete
  4. @Susan : Terima kasih sudah comment :)
    @Hena: Amin,semoga lebih maju. Thanks for your comment :)
    @Laini: Semoga cepat berganti :p terima kasih sudah comment yah.. :)

    ReplyDelete

Komentarlah dengan bijak :)