NCT? Be Fans Or Be Square!

4:47:00 PM



Holla, I’m Back.. Buat kalian yang belum baca posting-an gue tentang concept boyband NCT (Neo Culture Technology) dan profil-nya bisa baca dulu disini. Nah, sekarang gue mau review tentang team unit pertama dari group boyband NCT (Neo Culture Technology) yaitu NCT-U. Mulai tanggal 5 April 2016 kemaren, satu persatu photo teaser NCT-U di-luncurkan. NCT-U ini team yang berbasis di Korea, terlepas adanya anggota asal negara lain yaitu Ten (Thailand) and Mark (Canada). Menurut gue unit NCT-U ini seperti team leader –nya boyband NCT gitu deh. Jadi singkat-nya itu ini adalah team NCT-U(tama) / NCT-U(nggulan) / NCT-U(niversal)? ( Sorry, kalau ini gue ngarang sih ..He He He). Untuk photo teaser, yang pertama kali di-rilis oleh SMTown adalah Mark dan Jaehyun lalu Taeyong serta Ten menyusul Doyoung dan Taeil. Tapi untuk teaser video dimulai dari Mark dan Ten, menyusul Taeyong, Jaehyun serta Doyoung dan terakhir video teaser sub-unit vocals (Taeil, Ten dan Jaehyun) dengan lagu “ Without You”. Jadi singkatnya team NCT-U ini di-bagi lagi menjadi dua sub-unit yaitu unit Hip-hop and Vocals. Sumfah yah gue bingung banget ini akan berjumlah berapa banyak unit sebenarnya. Pantesan aja di Video Music lagu #The7thSense sama sekali kagak terlihat penampakannya Taeil, dan video teaser individual dia juga kagak ada dirilis sama sekali padahal dia juga member NCT-U. Eh taunya, ternyata Taeil ini bagian dari NCT-U sub-unit Vocals. Sebenarnya di-setiap group memang sering ada sub-unit-nya tapi yang jadi pertanyaan gue, kenapa di lagu #The7thSense Taeil mesti kagak di-ajak? Nggk mungkinkan dia kagak bisa nge-dance? (Atau jangan-jangan beneran kagak bisa nge-dance?) Lagian-kan ini lagu debut mereka, Kenapa mesti ada satu anggota yang ditinggal? Tapi yasudlah, namanya juga baru debut jadi apa-apa kedepannya masih menjadi misteri.

Untuk pembagian posisi member selama gue memantau team NCT-U ini sepertinya terbagi menjadi tiga team (skill) yaitu team vocals, team rappers dan team dancers. Untuk Team Vocals sudah pasti Taeil, Doyoung dan Jaehyun. Team Rappers yaitu Taeyong, Ten dan Mark lalu Team Dancers Taeyong, Ten dan Jaehyun (mungkin Mark juga). Lalu bagaimana dengan posisi leader ? dalam sebuah team harus ada leader-nya dong. Gue punya prediksi disini, walaupun banyak yang bilang kalau leader dari group NCT-U itu si Taeyeong tapi entah kenapa selama gue memantau mereka sih gue sama sekali tidak melihat jiwa kepemimpinan di-diri Taeyong yah, walapun gue suka dia waktu di V-app Live (NCT On Air Show) kemaren, Taeyong murah ketawa banget dan member lain juga pada bilang dia banyak kasih advice untuk para dongsaeng-nya. Tapi gimana yah, ini penilai-an personal gue aja kalau menurut gue sih dia kurang cocok jadi seorang leader, di-tambah lagi banyaknya kontroversi dan rumor tentang Taeyong sebelum dia menjadi trainer di SM Entertainment. Yah, Sekalipun di acara live kemaren dia keliatan merasa menyesal banget, tapi sepertinya tetap akan menjadi sebuah  masalah kalau harus memilih dia menjadi seorang leader. Yah kalian taulah, masih ada beberapa netizen yang nggak terima sama masa lalu-nya ini. Jadi kalau gue coret nama Taeyong dari posisi leader, tersisa lima nama lagi. (It’s oke Taeyong, jadiin pelajaraan aja dan kembangkan terus bakat kamu dalam bermusik, entar pelan-pelan terlupakan kok..posisi leader-nya kasih ke member lain aja yah hehe).



Mengingat pemilihan leader dari anak didik SM Entertainment itu rata-rata adalah member yang paling tua diantara yang lain. Jadi sudah pasti Mark yang notabene-nya seorang magnae (yang paling muda di team NCT-U) sudah pasti tidak akan dipilih menjadi seorang leader, karena akan sangat sulit memimpim team yang member-nya lebih tua dari dia. Dan di-karenakan ini adalah team yang berbasis di Korea, sudah pasti pengetahuan-nya akan negara korea harus lebih luas dong, jadi Ten yang berwarga negara Thailand pun harus di-coret dari pemilihan seorang leader. So, sisa tiga nama yaitu Taeil, Doyoung and Jaehyun. Sebenarnya Taeil mempunyai peluang lebih disini karena dia adalah member yang paling tua di NCT, tapi sayangnya gue melihat Taeil ini lebih banyak diam dan jarang sekali bicara selama gue nonton video tentang mereka (Nervous-an orangnya, persis Xiumin EXO dah, paling tua tapi nggak banyak ngomong). Sedangkan Doyoung dan Jaehyun pernah punya pengalaman menjadi seorang MC di salah satu acara musik, sudah pasti mereka akan terbiasa untuk berbicara di-depan kamera-kan. Sebenarnya gue melihat sedikit sisi leader di-diri my brother in law (yaitu Jaehyun) *lol. Disetiap video promosi saat mereka masih menjadi SM Rookies, doi selalu muncul, di Team Foreign Swaggers dia ada, di Video versi bahasa Jepang, Thailand dan Busan pun dia selalu ada. He can speak Korean, English and a little of Japanese too. But, sayangnya dia adalah member termuda kedua di-team ini, yah kemungkinan peluangnya untuk menjadi seorang leader akan sedikit sulit sih menurut gue. Kecuali dia adalah member terlama menjadi trainer dibandingkan member lain, mungkin bisa jadi dia dipilih untuk posisi leader (seperti kakaknya yang berbeda Ayah/Ibu yaitu Suho EXO hahaha). Sebenarnya ada member SM Rookies yang trainee-nya hampir lebih dari 8 atau 9tahun gitu, dia bahkan seangkatan dengan member EXO nama-nya Johnny dan gue menyayangkan banget kenapa dia kagak di- masukkan kedalam team ini. Kasian sih gue, tapi semoga Johnny sukses di team kedua nanti (basis jepang). Kalau Johnny di team ini sih kemungkinan besar dia bakalan menjadi seorang leader. Yah dikarenakan dia nggak gabung di–team ini, So untuk Leader NCT-U di sini menurut gue kemungkinan besar si Doyoung yang lebih pantes untuk di-pilih. Karena selama gue liat video live mereka akhir-akhir ini, Doyoung yang paling lancar berbicara di depan kamera (#justmyopinion). Entah udah resmi atau gimana, tapi katanya sih si Taeyong yang jadi Leader NCT-U.


Untuk posisi Visual nggak perlu dibantah lagi, sudah pasti jatuh ke Taeyong deh. Sumfah yah, face-nya Taeyong tuh macam karakter games yang keluar dari TV gitu. Gue demen banget liat perubahan rambutnya sekarang, topebegete dan pas banget sama karakter mukanya Taeyong, komik abies lah pokoknya. En den, untuk posisi The Face of Group gue sih pilih Jaehyun, doi tuh super duper talented banget, di phote teaser pertama kali juga dia yang paling pertama di-rilis bersama Mark dan di beberapa video promosi juga dia ada mulu. Lalu untuk posisi Main Dancer gue sih sebenernya demen si Ten yah, karena di video 'SMROOKIES SR15B_0701 DANCE PRACTICE' dia yang paling menjadi pusat perhatian. Tapi sepertinya lagi-lagi posisi main dancer jatuh ke Taeyong sih, karena dia yang selalu ada di-posisi center (yah macam Kai dan Lay EXO deh Taeyong dan Ten ini *poor Ten). Untuk posisi Main Rapper jujur gue lebih suka style rap-nya Mark, di Music Video #The7thSense keliatan banget dia yang paling jadi pusat perhatian. Demen banget kombinasi gayanya saat nge-rap, apalagi di bagian 'You do!' (Sumfah ini bocah minta banget diangkat jadi dongsaeng *LOL)



Dan dia juga mengingatkan gue sama Hanbin (BI iKON). 


Tapi sayang lagi-lagi sepertinya posisi Main Rapper dipegang sama Taeyong deh, karena di MV #The7thSense line rap-nya Taeyong lebih banyak (yah gak salah sih, doi kan ikutan membuat lirik-nya barengan Mark juga sih dikit. Dan Taeyong lebih senior dalam hal nge-rap). Yaudah deh, Mark gue kasih posisi si magnae the foreign swagger aja Hehehehe.. lagian si Mark masih muda juga, gue yakin improve-nya nanti akan sangat luar biasa.

Untuk Main Vocalist, gue masih belum bisa nentuin siapa yang paling bagus. Kalau gue bilang Jaehyun kayanya terlalu nge-bias yah hahahahaha... Tapi sumfah yah, saat pertama denger suaranya Jaehyun di-teaser kemaren, gue rasa suaranya jadi mirip abies gitu sama Baekhyun EXO. Padahal yah gue sering banget dengerin video si Jaehyun waktu nyanyiin beberapa lagu. Tapi entah kenapa tiba-tiba di lagu #The7thSense suaranya bisa sama banget gini sama Baekhyun? Apakah si Baek tiba-tiba jadi mentor vocal-nya Jaehyun? I don't know. Selain suara yang bagus, Jaehyun juga bisa sedikit nge-rap dan itu jadi salah satu kelebihan dia sih. Tapi untuk harmonisasi gue pikir sih suara Daeyong lebih enak aja buat didenger, adem-adem gimana gitu, suaranya juga lebih ke-kontrol kalau nyanyi. Sedangkan Taeil sudah pernah menjadi pengisi Ost. Drama The Merchant : Gaekju dengan judul"Because Of  You", dan suaranya emang powerful banget. Dibeberapa live show mereka yang gue tonton di youtube, memang suara Taeil yang paling terdengar berciri khas. So, kemungkinan sih yah dia bakal jadi Main Vocal-nya. Tapi tetap aja sih membingungkan kalau harus memilih siapa yang terbaik, karena lagi-lagi inikan masalah selera..




Sekarang kita ngebahas tentang musik mereka, wah ini gebrakan baru banget dari SM Entertainment. Kalian pasti tau dong SMTown itu tipe lagu-lagu-nya seperti apakan? dan NCT-U dengan lagunya #The7thSense sangat memberi warna baru sih menurut gue. Mereka memilih genre Hip Hop, mungkin ada sebagian SMstan yang kurang suka tipe musik seperti ini. Tapi gue jujur, gue lagi suka-sukanya sama lagu Hip-Hop(walaupun basically gue adalah penggemar genre musik acoustic) tapi kadang Hip-Hop itu asyik banget buat di-dengerin, ngebantu banget buat naikin mood. Itulah kenapa akhir-akhir ini gue suka banget dengerin lagu-nya iKON, dan menurut gue NCT-U memilih genre musik yang tepat untuk debut mereka, karena tipe musik seperti ini memang sedang di-gemari oleh pendengar musik secara universal. Dan gue akui, #The7thSense musik-nya addicted banget (walaupun ada beberapa part yang sedikit membosankan) Tapi lagu-nya emang ‘OpenYour Eyes’ banget sih menurut gue dan dance mereka juga keren abies untuk boyband yang baru saja debut.
Selain genre Hip-Hop, NCT-U juga merilis lagu ke-dua mereka yang berjudul ‘Without you’. This is a song with Electric guitar sound and EDM rock genre. Lagu ini di-nyanyikan oleh sub-unit Vocals yaitu Taeil, Doyoung and Jaehyun. Kalau tadi gue bilang #The7thSense music-nya addicted banget, kalau lagu #WithoutYou ini vocal mereka yang bikin adddicted banget. Awal-nya gue pikir mereka bertiga ini bakal nyanyiin lagu genre melow atau ballad gitu kan, taunya bukan dan pertama kali denger sih biasa aja karena gue terhipnotis lebih dulu sama lagu-nya yang #The7thSense, dari segi lirik juga sederhana sih sama seperti judul-nya “without you”, yah tentang ungkapan perasaan pria yang nggak bisa hidup tanpa wanita yang dia kagumi dan berharap bisa bersama. Tapi lama-lama gue dengerin lagu “Without you” ini enak banget.. Akhirnya gue demen banget sama lagu ini dan masuk daftar my favorite song di playlist music gue.

Waktu pertama kali di-rilis-nya Music Video NCT-U #The7thSense di salah satu situs online di Korea, semua K-popers yang udeh pada nonton Video Klip mereka, pada heboh ngebahas tentang NCT-U dan ada beberapa diantara mereka yang meng-compare NCT-U dengan para senior mereka termasuk EXO. Wah menurut gue mereka belum sampai tahap sejauh ini yah, gue akui hoobae-nya EXO ini punya member yang super talented dan gue apresiasi itu semua ditambah lagi gue akui akhirnya SM Entertainment punya rapper terbaiknya. Tapi untuk di bandingkan dengan EXO mereka masih jauh banget, mereka masih baru di dunia K-Pop sedangkan EXO sudah makan asam, garam ,cuka, merica dan segala macam bumbu masakan deh pokoknya. Mereka sukses dengan genre music, style dan jalannya sendiri hingga saat ini dan memecahkan beberapa records. Kita tunggu aja gebrakan baru comeback-nya EXO di pertengahan tahun ini.

Fans jangan pada ribut yah, member NCT aja kepengen seperti sunbae-nya EXO.

NCT-U mungkin akan menjadi rookies terbaik tahun ini dan yah kalau gue boleh compare sih, mereka bisa jadi dapat bersaing dengan anak didik dari YG Entertainment yaitu iKON. Dua group ini sama-sama punya visual yang good looking, Vocals yang bagus, Dancing yang keren dan Rapper yang luar biasa. Tapi gue nggk bisa nilai siapa yang lebih baik, karena NCT-U baru merilis dua lagu. Sedangkan iKON sudah merilis satu album dan hampir semua lagunya di-terima oleh para pendengar musik k-pop (termasuk gue). So, kita lihat aja persaingan antara kedua management raksasa di Korea ini (SM Entertainment Vs YG Entertainment).

Hmm, sebenarnya awalnya gue ngebahas mereka bukan karena gue fans-nya NCT. Ini karena gue mau berbagi info aja tentang mereka, tapi nggak tau yah kedepan-nya gimana *lol. Tapi jujur akhir-akhir ini gue jadi tertarik banget sama mereka karena untuk membuat review tentang mereka di blog ini gue mesti cari info dan update tentang NCT. Dan kemaren gue terhibur banget saat nonton “On Air NCT Show” sebenarnya sih karena MC-nya Heechul yang sumfah kocak banget. 




Selain itu, gue juga ngakak abies gara-gara nonton live mereka di Vlive.tv /Vapp saat show di china, sumfah ini the most awkward show i've ever seen (lebih parah dari EXO Showtime episode 1 hahaha...) beda banget saat di MC-in Heechul, disini mereka keliatan bingung banget dan masih baby banget di depan kamera, dikit-dikit tepuk tangan, ngomong dikit tepuk tangan HAHAHA... mereka bocah banget. Dan gue baru tau, kalau si Winwin and Kun itu nggak bisa bahasa Korea. Jadi, kebanyakan yang ngomong cuman Doyoung dan Taeyong, sampai-sampai Doyoung keliatan banget tertekannya karena mesti ngomong mulu hahaha...






Dan kalau harus memilih siapa yang paling menarik perhatian sih, dari awal gue kenal SM Rookies di-salah satu acara EXO 90:2014, gue tertarik sama Jaehyun, karena apa? Karena dia mirip Suho EXO hahahaha... Sebenarnya sih dia nggak mirip-mirip banget, miripnya kalau lagi senyum dan ketawa aja. Tapi karena gue suka liat chemistry antara Suho dan Jaehyun gue jadi tertarik gitu buat cari tau tentang Jaehyun dan ternyata dia super talented banget. Selain bersuara bagus, dance yang keren, bisa sedikit nge-rap dan doi juga pintar dalam beberapa bahasa (He lived 4years in America, That’s why he can speak english very well *lol). Tapi selain Jaehyun gue juga suka team The Foreign Swaggers (Johnny, Ten, Jaehyun and Mark).  





Sayang Johnny nggak masuk team NCT-U, dan kemungkinan besar dia bakalan debut di team NCT basis Jepang bareng Yuta dan Hansol. Gue suka banget Conversation antara team The Foreign Swaggers, at least adalah nanti yang kagak begitu ribet kalau mesti ngomong dengan fans international. Gue suka cara bicara Mark, dia bilang kalau dia ini pemalu tapi kalau sudah ngomong english Svvag abies.. dan di lagu #The7thSense juga Mark bener-bener keren mampus lah, Ah Mark mau yah jadi dongsaeng noona? hahahaha *plak dan gue juga demen liat si Ten, murah senyum banget. Sebenarnya semuanya punya kelebihan skill masing-masing, tapi memang Jaehyun dan Mark yang paling menarik perhatian gue sih. Intinya gue bakal support mereka dengan dengerin lagu mereka dan nonton variety/show mereka juga. Tapi untuk sekarang gue masih tetap memilih jadi EXO-L (Suho Stan) aja sih, sudah cukup ke-alay-an gue buat Suho dan EXO jangan di tambahin lagi hahahaha.....

-NCT-U Profile 


-Taeil
Birth: June 14,1994
Nationality : South Korea
Speciality : Singing, Playing the Guitar
Blood Type : O



-Taeyong
Name : Lee Taeyong
Birth : July 1, 1995
Nationality : Seoul, South Korea
Speciality : Dancing , Rapping
Blood Type : O
Nickname : TY
Heigh : 182cm (+ outsole shoes)
Weight: 57kg
Shoes Size : 265mm
Confident Feature : Broad shoulders
Body Secret : Scar under eyes
Speciality : Cook like a chef (Dancing and Rapping)
Habbit : Organized and clean
Strenght : Giving advice
Weakness : Excessive nagging
Image 10 years later : U-Know



-Doyoung
Birth : February 1, 1996
Nationality : Seoul, South Korea
Speciality : Singing, Flute , MC
Blood Type : B



-Ten
Birth : February 27,1996
Nationality : Bangkok, Thailand
Speciality : Dancing, Rapping, Playing the Guitar , Bilingual in Thai, English and Korea
Blood Type : A



-Jaehyun
Name : Jung Jaehyun
Birth date : February 14, 1997
Nationality : Seoul, South Korea
Nickname : Woojae, Jungjaeyuk
Heigh : 183,5cm
Weight: 63kg
Shoes Size : 275mm
Blood Type : A
Confident Feature : Sexy Body
Body Secret : Thick Hair
Speciality : Basketball (Singing, MC-ing, Dancing, Speaking English etc)
Hobby : Eat Bread , Watch videos
Habit : Touchingn his baby fat
Motto : A greater person (big heart)
Strenght : makes his hyungs feel good
Weakness : White sensitive sweaty cute pig
Image 10 years later : Choi Siwon (*lol, Jaehyun, Suho, Siwon kembar 3)
Describing myself in 10 Words : I’m a happy and loving boy



 -Mark
Birth : August 2,1999
Nationality : Canada
Speciality : Rapping , Playing the Guitar, Dancing , Speaking English and Korean.
Blood Type : A



Tapi pesan gue buat kalian para k-popers muda yang demen boyband super talented. Gue sih recommend-in untuk support rookies SM Entertainment ini (support EXO juga boleh *teteup). So, NCT? Be Fans or Be Square.. !!!!!!

Buat kalian yang mau update tentang mereka bisa install dan follow channel NCT di Vapp.

















Credit to:


You Might Also Like

0 komentar

Komentarlah dengan bijak :)