Review : Teaser and MV “For Life” (EXO’s Special Winter Album)

4:10:00 PM



EXO baru saja merilis Music Video dari salah satu lagu terbaru mereka di album special winter tahun ini. Album ini mereka dedikasikan sebagai hadiah christmas dan ucapan terima kasih mereka kepada para fansnya yang kita kenal dengan sebutan EXO-L. Walaupun gue tidak merayakan christmas, bukan berarti gue tidak ikut happy akan hal ini.. Gue tetap bisa merasakannya sebagai kado special di akhir tahun 2016 hehe..


Teaser pertama EXO yang dirilis adalah sebuah gambar yang berupa logo EXO winter (sama seperti sebelumnya) hanya saja ini dibuat dalam bentuk Ice cube yang disusun dalam sebuah gelas kosong. Saat melihatnya pertama kali gue langsung kepikiran aja sama Xiumin dan Suho (wah mesti banget nih mereka berdua dapat part lebih, soalnya teaser-nya aja ada kontribusi dari power keduanya. Xiumin: Frost and Suho:Water). Mungkin sebenarnya nggak ada hubungannya sama Xiumin ataupun Suho sih yah, tapi entah kenapa kalau SM ngerilis teaser EXO, jiwa detektif tuh mendadak langsung muncul aja, apa-apa pengennya disambung-sambungin. Padahal mana kita tahu, kali aja SM random bikin teaser gitu. Tujuannya mungkin pengen jualan gelas doang, biar lebih menarik mereka masukin deh batu es berbentuk logo EXO(Who knows?). Tapi unik sih,gue suka.. (tuh kan jadi pengen beli, emang pinter sih SM kalau bikin iklan).

Tetesan keringan Suho #KEREN!
Tak lama setelah dirilisnya teaser tersebut, SM pun merilis detail dari album For Life ini yang berisi 2pcs CD (Korean and Chinese version), katanya sih sengaja digabungin langsung dua CD sama SM, soalnya kemaren ada kasus dimana EXO gagal dapat Daesang Album OF The Year gara-gara Album Chinese Version-nya kagak dihitung sama pihak buah Hijau yang menyebutnya dengan “Data Internal”. Selain 2pcs CD, ada Photobook juga, Photocard (random), Poster (2version) dan ada tambahan Sticker logo EXO beserta member postcard (random). Pokoknya album ini beneran special banget sih buat akhir tahun kita.


Dan untuk Video teaser-nya sendiri gue kagak mau ngebahas banyak sih, gue sebel banget sama SM waktu itu. Gimana enggak, gue lagi kecewa banget setelah gagalnya Indonesia menjadi juara AFF2016, gue malahan dikasih video kakinya Suho doang lari-lari dikit di hutan. Padahal gue berharap banget waktu nunggu Video Teaser-nya bisa jadi penyegaran buat gue, taunya malah nambahin rasa kecewa aja karena kagak ada mukenya Suho.

*NYEBELIN KAMU SM!


*Credit to Owner
Oh iya, sebelum ngebahas MV For Life, gue mau ngebahas ini dulu. Jadi beberapa hari yang lalu dunia EXO-L sudah lebih dulu gonjang ganjing akan kabar yang menyebutkan hanya ada tiga member dari EXO yang berpartisipasi di dalam Music Video terbaru mereka-kan. Gue sih paham, mungkin sebagian EXO-L merasa kecewa dikarenakan bias (idol favorite) mereka tidak menjadi bagian di dalam MV terbaru ini. Gue mengerti banget posisi mereka, tapi kalau kekecewaan ini menjadi alasan mereka untuk tidak menonton MV terbaru EXO yang berjudul For Life ini, gue rasa terlalu berlebihan yah (walaupun gue yakin kagak mungkin mereka nggak nonton sih, minimal sekali ada lah yah nge-view MV-nya buat menghilangkan rasa penasaran. Yakan???) Selain ini, ternyata ada rumor juga yang katanya beberapa orang sampai membatalkan pre-order album segala. Waduh, ini cuman MV doang teman-teman, kalau albumnya sih ke-sembilan member ikut berkontribusi kok.

*Credit to Owner
Padahal yah waktu lagu Lightsaber kemaren juga cuman tiga member tuh yang nongol di Music Video-nya. Jelas-jelas semua pada tahu kalau Suho adalah fans Star wars garis keras di group EXO. Waktu doi kagak ikut bagian dalam MV tersebut dan part nyanyinya juga dikit gue nggak masalah tuh, mungkin beberapa Suho stan pada kecewa, tapi tetap aja mereka support dan nontonin itu MV-nya termasuk gue sampe demen banget sama itu lagu. Saat CBX debutpun semua juga pada support, gue bahkan bikin artikelnya (read: Hot Debut: CBX (EXO's First Sub Unit ) sekalipun nggak ada Suho (yah gimana sih, kan tetap bagian dari EXO juga). Semua solo karier member EXO juga gue tontonin lho dari variety show, movies dll #Nggakadayangnanya. So, kenapa sekarang mesti dipermasalahkan gitu, cuman karena Suho, Chanyeol dan Kai yang ada di MV For Life? (masa karena yang tiga member sebelumnya notabene-nya punya fans terbanyak jadi kagak dipermasalahin tapi member sisanya jadi kagak layak gitukan jahat banget kesannya. Mereka bagian dari EXO juga lho, katanya We Are One nih). Tapi, whatever-lah yah hak masing-masing gini. Cuman, gue mau ngingetin aja sih, kalau sampai nanti EXO saat promosi ini lagu di acara musik (walaupun belum ada kabar bakal promote apa nggak).  Dan taunya dikalahin sama group lain sampe kagak bawa pulang piala, yah jangan pada ribut koar-koar gaje aja sih toh kan salah sendiri kenapa kagak support. ~Woles tsayyy

*Back to MV


Jujur waktu pertama kali nonton MV ini gue sumfah kagak fokus banget sih, mungkin terpesona sama Suho haha. Kapan lagi bisa liat MV EXO dengan muka dia sampe semenit enam detik kan (iya gue itungin). Dan setelah mengulang beberapa kali, akhirnya gue kepikiran sama beberapa versi alur cerita:

Gue waktu liat batu permata itu entah kenapa jadi kepikiran aja sama batu kebangkitannya Harry Potter. Dan kebetulan juga Suho lagi ada di hutan waktu itu, gue pikir doi mungkin nemu itu batu, waktu lagi di sana habis dibiarin aja sama Harry batunya jatuh di dalam hutan.


Tapi entahlah, apakah itu hutan emang jadi rumahnya Suho atau doi lagi kebetulan piknik (piknik bawa kasur + lampu, kagak sekalian tv, kulkas, AC dll dibawa juga beb? Ada listrik kali yah di hutan #Canggih *Biasa Orang kaya*).


Kagak taunya setelah nemuin itu batu, Suho malah ngeliat wanita lari-larian yang kebetulan mirip banget dengan pacarnya Chanyeol. Jadilah doi ngikutin wanita itu sampai kedalam ruangan putih yang penuh dengan cermin. 


Suho sedih udeh capek lari-larian tapi kagak bisa nyamperin wanita itu tadi, akhirnya Suho kejebak di tengah cermin yang ternyata adalah cermin Tarsah.


dan sesaat itu juga Chanyeol-pun tiba-tiba muncul dengan posisi yang sama sedang berdiri di depan cermin sambil megang sebuah batu di tangannya. 


Tak lama setelah itu Chanyeol disamperin sama pacarnya (wanita yang dikejar Suho tadi), lalu batu berupa gelang itupun malah dipakaikan oleh Chanyeol ke tangan pacarnya


(Cieh ama awewe mulu, kemaren cewe yang rambut panjang kamu tolongin di MV lotto mana? Sekarang ganti cewe jepang yah? mentang-mentang lagi eksis di Jepang) setelah memasangkan batu yang berbentuk gelang itu, merekapun saling bertatap-tatapan dan seketika kiss deh (tenang,kagak kena kok hahahha) Jadilah berpindah lagi deh itu batu ketangannya wanita ini. Kagak lama, wanita itu bangun dari tidurnya entah siapa yang nganter dia pulang sih *skip


Dan dia sadar kalau Chanyeol sebenarnya kagak ada, cuman karena kagak bisa nerima kenyataan dia balik lagi ketempat sebelumnya 


lari kesemua tempat, tapi kagak nemuin keberadaannya Chanyeol. Dan sama sekali kagak peka sama Suho yang ada diujung sana lagi nongki diatas kasur. Jauh-jauh lari malah sampenya ke salah satu tempat suram ada bar sih dekat situ


 (tempatnya EXO ngumpul di Sing For You kah?) 


Dan ternyata batu yang Chanyeol kasih ke pacarnya itu adalah batu bertuah, jadi Suho ngebangkitin Chanyeol pake batu kebangkitan, lalu Chanyeol megang batu bertuah habis ngaca di cermin tarsah karena si Chanyeol emang butuh batu bertuah itu buat dikasih ke pacarnya. Karena Sebenarnya pacarnya lagi sekarat gitu, Chanyeol ingin wanitanya hidup lebih lama-kan jadi dia kasih deh batu itu #ForLife. Cuman kagak taunya, wanita itu lebih memilih untuk tidak menggunakannya dan kebetulan juga si Kai pada saat itu lagi sekarat (maaf yah lagi pada sekarat semua)  makanya muka Kai murung mulu, hidupnya di vonis kagak bertahan lama.


Kebetulan Kai juga sahabatan sama Chanyeol, jadi emang sudah saling kenal sih sama wanita ini. Untungnya wanita tadi sempat ngejar Kai yang mau pergi, akhirnya dia serahin deh batu bertuah tadi buat Kai biar bisa hidup lebih lama. Awalnya Kai bingung, setelah dia sadar itu adalah batu bertuah, seketika dia pun langsung sedih waktu natap batu itu. “Akhirnya gue bisa hidup lebih lama juga dan bahagia bersama Krystal ya Tuhan makasih” -Kata Kai dalam hati. 


Endingnya neon signYou were here” itu mati karena Chanyeol ada disebelah pacarnya cuman kagak keliatan aja. Biasalah kalau di pilem horror kan suka gitu, lampu langsung padam mendadak konslet kalau ada roh di sekitar. 


So, Kiss-nya Chanyeol sama Wanita tadi itu seperti ucapan perpisahan mereka berdua. Duh sedih yah? Walaupun gue ngarang dengan nyambungin ke Harpot. Tapi  tetap aja sad ending, eh mungkin aja gue bener lho, buktinya kemaren Sehun dan Chanyeol update lagi di Hogwarts, kan Sehun demen tuh apa-apa spoiler.


HEHEHE...


OKE Sekarang gue serius!


Sebenarnya MV ini berkisah tentang tiga hal dalam Cinta yang berkaitan dengan satu wanita yang sama. Suho dapat peran sebagai seorang “Secret Admirer”, jadi dia ini punya cinta sepihak terhadap wanita yang ada di MV ini. Suho diam-diam selalu berada didekat wanita ini sampe rela bawa kasur dan lampu buat nginep di hutan karena tau kalau wanita tersebut akan melewati hutan ini.
In the cold winter and a bit lonely in the night we’re here together"
Suho sebenarnya ingin mengatakan cintanya karena sudah lama memendam perasaan terhadap wanita tersebut 
“The only one who loves you, staying by your side. Is that me?” 
namun nyatanya saat dia mengejar wanita itu, dia malah menerima fakta bahwa wanita itu sudah memiliki pria lain (yaitu Chanyeol) #sosad.

“A man with lots of presents, which i dreamed of when i was young”
Scene pun berubah ke Chanyeol dan wanita itu yang bertemu diantara lampu-lampu yang mendadak menyala (mungkin Baekhyun kebetulan lagi lewat) 

“The darkness is changed to the light with you tonight”
Setelah itu mereka saling bertatapan (bahasa gue!) keduanya tampak saling bahagia.

“I think i still need more words to express my mind,for life” 
Chanyeol pun memberikan hatinya yang berupa gelang batu permata segede gaban itu kepada wanita pemeran di MV ini

"Giving you my heart and soul”
Wanita itu belum sempat membalas hati Chanyeol walaupun udah rela di kissing duluan sih #Elah 


Keesokan harinya, saat wanita itu bangun dari tidurnya, dia pun langsung berlari ketempat di mana sebelumnya dia bertemu dengan Chanyeol. 

"Never gonna let you go..."
Dia menyadari kalau cintanya adalah Chanyeol, namun sayangnya Chanyeol malah menghilang untuk selamanya

“Even if i’m born again, I can’t be with anyone but you”
Selama dia berlari padahal ada Suho juga di ujung hutan yang sedang merenung dan masih setia menunggu wanita tersebut. 

“When you’re tired or have a hard time, I’ll be a man you want to lean on”
Sayangnya wanita itu emang tidak pernah mengetahui keberadaan Suho (ya Allah Suho, sudah cinta sepihak kagak di notice pula. Ini sih sadisnya melebihi ditinggal nikah duluan sama mantan pacar! #Eh *curcol bu?).


Setelah itu scene berubah lagi, di mana wanita tersebut bertemu dengan Kai. Setelah kehilangan Chanyeol, wanita inipun memutuskan untuk memberikan hatinya kepada Kai.

“You are a mystery that comes to me with the face of an angel”
Kai ini perannya seperti seseorang yang tak pernah merasakan adanya cinta. 


Makanya awalnya dia bingung dan akhirnya merasa terharu karena ditengah kedepresiannya akan kehidupan ada seorang wanita yang rela memberikan hatinya untuk Kai. 


Tapi kenapa Kai tidak turun dari mobil atau sekedar mengucapkan sepatah dua patah ke wanita tersebut, karena Kai lagi buru-buru ke bandara, takut ketinggalan pesawat. Entar habis urusannya sama Krystal selesai (lagi-lagi bawa Krystal) di negara seberang, doi balik kok cuman kagak dilanjut aja di MV-nya keburu musiknya habis sih. 

(Hehe.. oke gue kebanyakan becanda) 

Sebenarnya, hati yang wanita itu berikan ke Kai bukanlah sebuah cinta tapi hati yang berarti sebuah sahabat, semacam penolakan akan cinta Kai dengan cara yang halus. 

“Life is along harmony, we are melted within”
Wanita itu masih saja tidak bisa melupakan cintanya kepada Chanyeol, Akhirnya Kai sedih dan pergi jauh.
I can’t with anyone, but you.  I want to be with you forever”. 
Kalau kalian sambungin ini ke Sing For You, keliatankan di situ Kai setress berat sampe ngamuk kagak jelas. Itu karena dia tidak mendapatkan cinta seutuhnya dari Wanita ini, dan adegan di mana Suho berantem sama Chanyeol itu gara-gara Suho marah setelah mengetahui fakta kalau Chanyeol itu hidupnya tak akan lama dan berujung akan menyakiti wanita yang juga disukai oleh Suho. Jadi intinya MV ini tentang “Memberi Cinta”, “Menerima Cinta” dan “Cinta sepihak/tak berbalas (diantara memberi dan menerima, seperti lo merasa telah memberikan cinta kepada seseorang tapi sebenarnya seseorang itu sama sekali tidak merasakan cintanya lo itu. Sebaliknya juga gitu, berasa lagi jatuh cinta padahal cinta itu sebenarnya bukan buat diri kita).

Uljima!!


Aaaah sedih banget nggak sih?

*mau peluk Suho!!

#LHO?

#KUMAT

Overall gue suka banget sama lagu For Life ini, MV-nya juga seru banget, bikin kita bisa berimajinasi sesuka hati dan terharu banget sama liriknya. 

PECAH!! 

Sumfah kagak sabar liat live-nya mereka!


Oiya, kalau masih ada yang nanya kenapa cuman tiga member ini aja yang ada di MV. Menurut gue sih, kemungkinan besar karena jadwal EXO yang padat, jadi bikin MV-nya juga mepet banget dan kebetulan aja Suho, Chanyeol and Kai ada waktu kosong buat syuting MV ini waktu itu. Jadi daripada nunggu member lain yang pada sibuk syuting di China, Promosi Unit dan Promosi Film. SM pun memutuskan yang ada aja deh buat starring di MV For Life, toh ini tentang tiga kisah dalam percintaan dan kebetulan juga tiga member ini yang berperan lebih di lagu Sing For You kemaren “yaudah kita sambungin aja” –Kata pihak SM. Jadi mereka-pun kagak perlu ribet lagi ngatur ulang jadwal member lain. So, ini keputusan dari pihak SM yah.. (gue tau ini sotoy sih, cuman keknya masuk akal aja pemikiran gue #tsah).  


Jujur EXO kagak pernah mengecewakan gue dengan album winter mereka sih. Akhir tahun lalu contohnya, totally gue demen semua lagu di album mereka yang bertitle Sing For You itu, bahkan beserta bonus track-nya juga yang berjudul Lightsaber. Dan lagu For Life pun gue suka banget, feel-nya dapet banget ternyata setelah diputar berulang-ulang kali, vocal-nya mereka keren banget sih di lagu ini. Dan Suho ada nada tinggi-nya juga walaupun teriaknya kagak selama Chen (kalau di Chinese version, Lay yang ambil bagian part nada tingginya Suho ini). I'm so proud of them kerasa banget kalau mereka emang sudah kerja keras banget, semoga live-nya juga pada stabil. Dan Suho, ahhh doi makin keren aja vocal-nya duh pengen peluk rasanya #kumat . So, Kyungsoo sorry,  from now gue lebih demen suaranya Suho nih keknya hehe.. Tapi selain itu gue sedikit kecewa sih di lagu For Life, si Sehun cuman kebagian suara dua aja, semoga kedepannya doi lebih pede nyanyi lagu ballad dan lebih baik lagi. Setelah play keseluruhan album, sebenarnya gue masih lebih demen Sing For You sih. Sing For You and Unfair sama rata bagusnya dan sisa lagu lainnya pun kagak kalah bagusnya, dan itu juga kenapa gue bilang Totally suka semua. Sedangkan di album For Life ini, Gue cuman demen dua atau tiga lagu aja. Cuman bedanya, di album ini ada lagu yang bukan hanya diisi oleh vocals line (What I Want For Christmas) aja tapi ada juga lagu yang hanya dinyanyikan oleh Rap line feat Dance line (Without Lay, eh kagak tau di versi chinanya ada dia apa kagak dan ditambah suara dari Xiumin juga).



Ngomong-ngomong soal Winter album kagak terasa ini musim winter kedua bersama EXO. Gue kagak nyangka sih sudah satu tahun aja jadi bagian dari EXO-L dan terjebak di dunia per Kpop-an gini. Daebak sih EXO bisa bikin gue bertahan Kepo-in mereka selama satu tahun gini, jujur aja selama ini gue cuman bertahan tiga bulan doang nge-alay-in artis (faktor bosanan). Dan sebenarnya sempat mau berhenti suka boyband gini sih, karena gue berasa kek punya dua jati diri gitu dan jadi merasa bukan diri gue aja selama ini (makin childish). Cuman entah kenapa setiap ngeliat twitter ada yang update tentang EXO khususnya Suho sih (Junmyeon bikin gue selalu bertahan! #DamnItsTrue) gue berasa kek ketarik lagi aja buat support mereka dan kagak taunya sekarang sudah satu tahun berlalu. Lebih tepatnya tanggal berapa sih kagak ingat, cuman mengingat era sing for you waktu itu gue sudah mulai alay-in EXO jadi setelah winter kedua ini otomatis setahun gue demen mereka. Nggak tau ini akan bertahan sampe kapan. Tapi yang pasti, sekalipun  gue nanti berhenti kepo-in EXO pun, Tetap kalau ada yang nanya apa gue suka boyband K-pop? Gue bakal jawab IYES!

and ONE ONLY is EXO!

Happy 1st Anniversary with EXO, for me!

For Life EXO!

Saranghaja!

*Sorry kepanjangan postingannya*



Bonus:


OPPA NOTICE!! HE LOOKS AT ME!!


*My Sleeping Prince

















Credit to: SM Town



*Captions di setiap gambar video klip adalah kutipan kata dari lyrics "For Life"

You Might Also Like

1 komentar

Komentarlah dengan bijak :)