Wanna One Official Debut! (Review MV: “Energetic”)

3:47:00 PM


Hana, Dul, Set “All Wanna do, Wanna One! Annyeonghaseyo, Wannable imnida. Yes, Akhirnya Wanna One DEBUT juga! Yeaaa~ Adek gue Debut juga Yeaaa~

Hmm, Gue emang telat banget buat posting artikel ini, yang tidak seperti biasanya gue update artikel review sehari setelah MV di rilis. Ini karena beberapa hari ini gue lagi drop banget, dan puncaknya selasa kemaren dan berat badan gue turun sampe 3kg (Walaupun muke gue masih embem hiks). Jadi mau lanjut buat artikel juga nggak sanggup, tapi it’s ok lah yah daripada nggak sama sekali.

*Back to de’ topic


Jadi tepat senin kemaren mereka merilis first mini album (album debut mereka) yaitu “To be One (1 x 1 = 1)”.  Album ini terdiri dari 7 lagu, Empat diantaranya adalah lagu baru mereka yaitu “Energetic”, “Burn It Up”, “Wanna Be (my baby)” &  “To be One (Intro)” ditambah Tiga lagu populer Produce 101 season 2 yang di rilis ulang dengan versi Wanna One yaitu “Nayana”, “Always” and “Never”.

Sebelumnya beberapa minggu yang lalu atau bulan lalu, fans (kita sebut Wannable) diminta untuk memilih/voting diantara dua lagu pilihan member Wanna One dan Team untuk  dijadikan sebagai Tittle Track debut mereka pada tanggal 7 agustus kemaren. Jadi Wannable lagi-lagi ikut andil dalam debut Wanna One kali ini, setelah memilih member-nya siapa saja, sekarang Wannable diminta sebagai penentu lagu utama mereka, Dua lagi yang dipilih kali ini diantara lain adalah “Energetic” dan “Burn It Up”.


Awal pertama kali dengar cuplikan sedikit dari lagu Energetic dan Burn It Up di individual Teaser mereka beberapa minggu yang lalu, gue sebenarnya #TeamBurnItUp sih. Karena gue merasa aura di lagu ini bakalan dark dan manly banget kan yah, apalagi sebelumnya gue ada liat bocoran konsep mereka gitu, yaitu Sky(Blue) and Pink dan ternyata Versi Sky(Blue) itu emang untuk konsep dari lagu Burn It Up. Jadi gue yakin banget mereka bakalan keren banget di lagu ini nanti. Sampailah di mana teaser “Burn It Up” dan “Energetic” dirilis, Gue bener-bener suka sama “Burn It Up” yang pas banget sama bayangan gue, dan koreo mereka juga keren banget. Jadilah gue rasa “Burn It Up” bakalan bagus banget nih buat lagu debut mereka..
BUT....


Entah kenapa makin lama gue tontonin teaser mereka, makin lama juga gue jadi ngerasa kalau “Energetic” itu ternyata pas banget buat Wanna One (plin-plan). Kenapa? Karena gue ngerasa kalau “Energetic” ini have the same vibe with “Never”. Jadi yang seperti kalian tau, “Never” itu kan jadi lagu tersukses banget dari acara produce 101, gila All-Kill boo jelas lagu itu ternyata banyak banget yang suka. Dan gue rasa “Energetic” punya aura yang sama banget dengan lagu “Never”. Lama-lama gue pikir “Burn It Up” ini udah mainstream banget (kasarnya udah pasaran banget), alias udah banyak banget yang menggunakan konsep seperti ini dan lagunya juga jadi berasa mirip sama beberapa boygroup lain (mungkin karena genre musiknya yang sama) dan gue rasa “Burn It Up” nggak friendly banget musiknya alias nggak semua orang bakal suka sama lagu ini. Jadilah gue mikir, Ah “Energetic” bakalan bagus banget nih buat tittle track debut mereka, ini lagu bisa jadi warna tersendiri gitu bagi Wanna One, apalagi gue rasa konsep MV-nya juga agak mirip Love Me Right by EXO (Warna MV-nya aja sih yah)  Nah gue jadilah berekspektasi tinggi terhadap lagu ini. (Because, I LOVE Love Me Right SO MUCH!)

Kalau ada dari kalian yang belum tau tentang mereka, bisa dibaca dulu di sini "PRODUCE 101 LINE UP FINAL DEBUT (PROFILE)" ”.


Setelah MV Energetic di rilis kemaren senin, nggak perlu nunggu di puter berulang-ulang kali gue langsung jatuh cinta sama lagu ini, serius! Lagunya easy listening banget dan musiknya juga friendly abies, makanya ini lagu jadi daily song gue. Cuman walaupun gue suka banget sama lagu ini, tapi masih belum bisa ngalahin “Love me right”-nya EXO sih, masih belum bisa bikin gue nge-hype setiap denger lagu ini. Karena jujur,” Love Me Right” itu lagu favorite gue yang bisa buat semangat gue bangkit. Gue nggak bohong yah, setiap kali gue olahraga lari pagi dan kalian tau lari adalah olahraga paling melelahkan bagi gue (tapi paling cepat buat menurunkan berat badan hehehe),  saking melelahkannya gue cepat banget ngerasa capek, tapi setiap denger lagu ini saat olahraga gue pasti semangat banget buat ngelanjutin. Jadi jujur musik itu bisa membantu mood kita, musik bisa buat kalian relax, tenang dan semangat juga. Makanya, gue setiap hari pasti mendengarkan musik. Jadi teman-teman gue pernah ngomong ke gue gini ”kamu tuh paling jarang galau deh de, paling santai deh di antara kita-kita” dan keluarga gue di rumah juga pernah bilang “Ade ini yang hidupnya paling enak, dia keliatan happy terus”. Gue nggak pernah tau kalau orang-orang ngeliat gue sebagai orang yang santai dan selalu bahagia, padahal nyatanya gue juga pernah ngerasain yang namanya down banget, mood jelek banget, cuman yah gue jarang nunjukin aja ke orang-orang. Jadi gue tipe orang yang jarang banget curhat sebenarnya, karena percuma juga nggak semua orang bisa ngebantu masalah guekan dan ujung-ujungnya gue mesti menyelesaikan masalah gue sendiri gitu. Jadilah gue punya cara sendiri untuk melampiaskan unek-unek gue, selain hobby salah satunya adalah mendengarkan musik. Gue nggak bilang musik bikin gue bahagia, tapi yang pasti mendengarkan musik adalah cara yang paling mudah dan ringkas buat membantu menaikan mood gue. Musik itu part of my life banget, karena gue tuh sebenarnya nggak suka suasana sepi tapi gue suka sibuk dengan urusan gue sendiri. “I don’t like being alone, but I want to be alone” , dan musik adalah teman terbaik gue di saat gue sendiri.


Dan menurut gue lagu ini juga nggak ada impact apa-apa, maksud gue lagu yang bisa lo ingat setiap dengar kata dari lyric ini, contohnya lagu EXO yang Growl “eureureong eureureong” atau Big Bang “Bang bang bang” atau “Gee gee gee” dan “I like TT.. Jirrit jirit jirrit”  bahkan IOI sendiri juga punya lagu yang menurut gue kalau lo denger kata itu langsung keinget sama lagu mereka “neomu neomu neomu” (kata yang diulang-ulang kadang emang mudah buat di ingat), Tapi “Shimmy shimmy kokobop, I think I like it.. down down baby” paling ngena banget sih akhir-akhir ini di kepala gue (ya Allah, jadi hapal banget sama ini lagu, keknya gue nggak bisa bilang nggak suka sama lagu EXO deh, pasti ujung-ujungnya hapal banget).
*Back Satu-satunya lagu mereka yang impact-nya besar banget ya cuman "Nayana" itu pun lagu dari acara Produce. Yah gue harap lagu mereka berikutnya nanti ada kesan yang bisa jadi memorable banget deh, yang walaupun muggle (non fans) bisa tetap ingat kalau ini tuh lagu mereka. You know waktu mereka nggak banyakkan, makanya gue berharap lebih sih sama mereka. But Yah, Overall untuk group yang baru debut sih ini oke banget, Very Good but not Perfect.


Sekalipun nggak bisa bikin gue nge-hype, But I still love this song SO MUCH! (My Favorite Song of this month). Lagu ini juga sukses banget di korea, mereka memecahkan rekor All-Kill yang katanya sistem situs musik online di korea sudah diubah sampe susah banget buat dapet predikat All-Kill, bahkan senior mereka *uhuk EXO *Uhuk (I love you EXO) aja sampe nggak bisa dapet predikat ini dengan lagu terbaru mereka kemaren “Simmy Simmy KokoBop” (sorry, nggak bisa bikinin review-nya tunggu repackage-nya nanti aja yah). Dengan rekor ini terbukti kalau lagu Wanna One memang banyak banget yang suka. Bersyukur banget sih waktu lagu ini yang terpilih jadi tittle track mereka, karena ternyata “Burn It Up” beneran nggak begitu bagus menurut gue kecuali konsep dan koreo-nya. Dan bener dugaan gue kenapa lagu ini berasa ada aura seperti lagu “Never” ternyata producer (pencipta ) lagu ini adalah orang yang sama.


Untuk MV-nya sendiri kenapa gue bilang di awal tadi berasa “Love Me Right”, karena warna pinkeu pinkeu-nya dan asap-asapan yang dibawa sama si Bae dan Jaehwan. Tapi untuk keseluruhan sih beda banget. Mereka lebih ceria di lagu ini walaupun ada beberapa pose sok keren mereka hahaha. Dan gue amazed banget sama koreo mereka, gue tau dari awal kalau mereka memang idol yang bertalenta banget bahkan bisa buat koreografi sendiri. Belum tau siapa yang buat koreo ini tapi gue amazed banget, apalagi di bagian intro-nya yang Minhyun main piano tapi piano itu adalah kesepuluh member lainnya yang berubah bentuk jadi piano (bahasa gue). Keren banget gue liatnya, dan koreo-nya juga sesuai banget sama judul lagunya “Energetic”.


Lagu Energetic ini lebih ke menunjukkan suara vocal para member-nya sih. Dan kita tau group ini bisa dibilang full of vocals, jadi sudah pasti bakalan ada pembagian part nyanyi yang nggak adil, karena main vocal pasti bakal menguasai isi lagu, udah biasa banget lah begini group yang lain juga gitu. Jadi waktu tau posisi Jinyoung-ie adalah sub vocal di group ini gue sih nggak berharap besar kalau dia bakal dapat part yang banyakan, Suho aja yang lead vocal masih samar-samar suaranya gue denger di lagu EXO, apalagi cuman Sub Vocal-kan. Dan ternyata bener dugaan gue kalau part dia nggak begitu banyak. Yang part setelah Daehwi itu bukan semua part-nya Bae yah itu barengan Daniel guys, pas liat fancam performance lagu ini saat konser mereka kemaren ternyata itu bukan part dia semua, nyempil dikit doang di awal. (Eh di McountDown juga keliatan juga sih). Jadi dua line (yang menurut gue kek satu line haha) tambah dikit di intro, yah sekalipun cuman segitu doang, gue tetep happy-lah karena dia slay banget di part-nya dia ini dan gue makasih banget karena dia kebagian jadi center di part-nya dia walaupun cuman sedikit. Tapi itu udah lumayan banget bisa bikin dia beda dari yang lain (SAMPE Kakek-kakek aja jadi fanboy dia haha "here")
At least masih mendinglah daripada Jihoon dan Daehwi yang kasihan banget part mereka dikit bener (tapi part-nya Daehwi agak banyak di lagu satunya sih, Burn It Up). Jadi ini bukan siapa yang populer dan siapa yang ranking tinggi, tapi lebih ke siapa yang suaranya paling pas di lagu ini.

Oke,langsung kita liat aja MV Energetic by Wanna One.


Di awali dengan musik horor bertuliskan nama-nama Agensi dari keseluruh member Wanna One, lanjut lanjut scene bertuliskan “Crush On You” (Ini mah gue banget hahaha)

Lalu beralihke scene di mana Minhyun mainin piano yang terbuat dari para member (apa sih bahas gue). Ini sumfah keren banget, gue suka banget #PianoHuman

Lanjut dengan serang visual dari para member Wanna One (Eaaaaaaa!)
Gue Suka banget part-nya Daehwi di menit 0:47 s/d 0:48 (ya ampyun, dikit banget Hwi), padahal gue demen banget part-nya dia mungkin karena terhipnotis dari teaser sebelumnya, suaranya Daehwi juga unik banget menurut gue ber-ciri khas (tsah berasa jadi mentor vocal aja bahasa gue). Lalu lanjut ke part-nya my Bae dan Daniel.

Dan Scene-nya berubah ke BaeJin dan Jaehwan, jadi asap-asapan gini (ini lho kenapa gue bilang mirip LMR) . Setelah ini musik-nya berubah dari slow menjadi up-beat dengan di iringi suaranya Ong dan Minhyun.

Satu gerakan,berubah ke scene satunya, gue suka banget.

Nah sekarang giliran part-nya MY BABY BAE JINYOUNG-AH! Keren banget nggak sih dia sekarang, I’m so proud of him OMG! Kalau kalian kenal dia dari awal pasti tau banget gimana maksud gue ini kenapa sampe segitu bangganya sama Bae. Ah, gue emang demen banget sama tipe suara manly kek dia gini, yah walaupun part dia nggak banyak, tapi ini udah cukup bikin gue bangga dan seneng liat dia. (LEBAY!) *Nggak lebay saat bikin artikel keknya nggak seru sih Hahaha #Ngeles*
WAIT! ini kenapa idol favorite gue pada terperangkap di antara para member mereka gini sih? Awalnya Suho, lanjut ke Mark dan sekarang Bae Jinyoung *Lmao 
*Pake Beret Hat pula.. 
Next, scene berubah ke beberapa hal yang lucu buat gue Hahaha... #AmazingPause
*Daniel, Guanlin and MinHyun
*Uri Comedian,Ong!
Sampe ke drama versi Wanna One, kalau kalian Wannable pasti kalian ngerti banget deh *LOL
*Realita WinkDeep*
*WinkDeepHwi
And then sampe ke scene yang beneran dinamakan “Mandi Bola”. Dari kecil gue demen banget yang namanya mainan mandi bola, cuman anehnya nggak ada airnya jadi gue nggak berasa mandi sih lebih ke mainan bareng bola-bola. Dan beda banget sama Wanna One kali ini,INI BENERAN MANDI BOLA!

Ini Favorite gue banget dancenya, yakinlah setiap liat scene ini pasti keikut nge-dance jugakan..

Lalu musik lanjut ke high note-nya Jaehwan, nggak seru kalau lagu itu nggak ada nada tingginya kurang greget. (Wait, gue mau upload ini foto dulu HAHAHA)

Akhirnya sampai juga ke-part-nya aKang Daniel yang menurut gue ah sudahlah tak bisa dijelaskan.
*All Right!
Di sini gue suka banget sama SungWoon kok bisa sekeren ini bikin balon dari permen karetnya ASTAGA!

WUIHHH PADA SOK KEREN!! HAHAHA...


Ending-nya mereka terlihat happy banget, gue harap mereka bisa barengan selamanya. But you know, mereka nggak bisa selamanya kek gini, entah kenapa setiap ngebayangin tahun depan rasanya sedih banget (lebay lu de).


Gue seneng banget ternyata chemistry mereka bagus banget antara yang satu dengan yang lain, I mean mereka saling melengkapi walaupun terpaut umur yang berbeda-beda dan pendekatan yang nggak begitu lama. Kalau kalian nonton acara produce dan liat mereka sekarang rasanya ikutan seneng banget.


Dari Jinyoung yang kurang bisa open sama hal baru dan sempat down juga karena dia turun kelas dari kelas C ke F hanya karena kurang percaya diri. Tapi akhirnya dia bangkit dan jadi center di kelas F dan di final pun dia terpilih menjadi Center di lagu “Hands on Me” dan akhirnya sekarang dia terlihat lebih ekspresif, banyak senyum juga (I’m so proud of him).


Lalu ada Daehwi juga yang kemaren sempat dikritik tapi bisa bangkit dan nunjukin kembali talenta dia yang luar biasa di umur semuda itu lho yah.


Ada Minhyun yang punya beban dari ekspektasi tinggi orang-orang karena sudah pernah debut selama 6tahun dan akhirnya kerja keras dia terbayar saat ini (Nu’est bahkan sampe populer banget lho sekarang).


Jihoon juga yang bisa stand out walaupun scene dia di acara produce dikit bener (sensi gue rasa Mnet ini sama Jihoon *HAH!) untung kamu nge-wink kemaren Hoon dan sukses tetap bertahan di TOP 2 saat di final.


Daniel juga yang bisa jadi juara pertama sekaligus jadi center Wanna One padahal awalnya voting dia nggak begitu tinggi, dia cuman terkenal dengan fans International-nya di awal dan di pertengahan acara akhirnya orang Korea bisa melek dan support dia sampe sekarang. Amazing lah si Harry Pot.. ini! 


Begitu juga dengan Jaehwan berkat menjadi Justice League Team “Sorry Sorry” dia bisa nunjukin kalau dia bukan hanya bagus di vocal, tapi juga mampu dibidang nge-dance (ingat banget dulu dia sampe sedih banget karena nggak bisa ngikutin koreo, Ya ampyun si  “Come on...come Ok.. ok” Main Visual, Main Vocal, Main Rapper, Main Dancer dengan tinggi badan 2m 35cm, nggak nyangka yah bisa sekeren ini sekarang hehehe..


Lalu ada Woojin yang bisa dibilang kebalikannya Jaehwan, Woojin ini keren banget dance-nya dan sebenarnya dia di kelas A tapi voting dia rendah banget sampe 70-an besar di awal episode tapi akhirnya dia mampu nunjukin bakat dia saat performance lagu “Get Ugly” dan orang mulai support dia saat itu kalau Woojin juga pantas untuk debut, and now here he is..


Lalu ada Jisung juga yang banyak banget dikritik orang tapi dia bisa nunjukin skill dia dan bisa lolos ke Top 11 sampe debut di Wanna One, ini orang udah kek emaknya para member deh.. soalnya dia juga paling tua kan (Ahjussi!hahaha) jadi dia yang paling rajin buat ngurusin member lain (Uri Amma).


Dan begitu juga dengan SungWoon yang tadinya kurang bisa menarik perhatian orang lain tapi dengan bakatnya dia mampu masuk ke final line up (pantes gueberasa pernah liat Sungwoon di mana gitu waktu nonton produce 101, taunya guepernahliat dia di Youtube main tebak lagu gitu dan salah satu temannya itu pernah trainee di SM bareng EXO. Sekarang HotShot juga mulai jadi perhatian di  korea sana walaupun nggak setenar Nu’est gitu).


Guanlin-pun mulai memperlihatkan improved-nya sekarang perlahan demi perlahan, fashionista banget ini bocah haha


And the last ada Ong SeongWoo yang selalu konsisten dari awal sampe akhir dengan paket lengkapnya dia (dance, vocal, visual dan kocaknya dia hahaha). Ong mah dari awal sudah menarik perhatian banget(Termasuk gue hahaha) dan dia adalah orang yang paling gue yakin bakalan debut barengan Jihoon.


Kalau kalian nonton mereka dari awal sampe bisa seperti sekarang, kalian pasti paham banget gimana perasaan gue itu gimana (ya allah lebay banget gue di postingan ini).  Pokoknya I’m so proud of them. Semoga makin sukses dan tetap humble. Dan semoga menang di music show nanti, Fighting!





*Epilog

Kemaren gue doktrin kakak gue sama EXO di “Knowing Brothers” sekarang gue doktrin dia sama Reality Show “Wanna One GO”. Kakak gue itu anti idols sebenarnya, terlalu kekanak-kanakan banget katanya, tapi gue kasih dia video variety show itu karena gue bilang itu seru banget acaranya. Akhirnya dia nonton juga.. Kakak gue pernah ikutan nimbrung bareng gue nonton Produce 101 ep 1 dan dia paling kenal sama Daehwi.. Lalu gue ajak dia nonton Episode terakhirnya Produce 101 season 2, dia demen Daniel di Wanna One.. Tujuan gue sih, supaya gue punya teman cerita hehehe..

My Sister        : “De, aku tau siapa yang aku suka di Wanna One, bukan Daniel lho yah..”
Me                    : “Sape?”
My Sister        : “Tebaklah..”
Me                    : “Pasti Ong Seongwoo..”
My Sister        : “Yang mana tuh?”
Me                    : “Baju putih, nyetir mobil bareng Daniel..”
My Sister        :”Lho,kokk amu tau sih?”
Me                    :”Yaiyalah,ente kan demennya sama yang cakep mulu...”
My Sister        :”Bukan, soalnya dia yang paling keliatan dewasa sih..”
Me                    :”Aslinya mah itu orang lawak banget hahaha..”
My Sister        :”Sama satu lagi yang aku suka siapa yo?”
Me                    :”Minhyun kan?”
My Sister        :”Itu yang mana?”
Me                    :”Di rumah, baju hitam”
My Sister        :”Lah,kok kamu bisa tau semua sih?”
Me                    :”Hahaha kita lho hidup 20tahun bareng-bareng, iya kali aku nggak tau tipe   kamu...”

Sebenarnya selera gue dan kakak gue itu sama, kita itu demen cowok yang mature dan manly. Cuman kalau untuk nge-stan, gue pasti milih  yang bisa menarik perhatian gue dari awal termasuk bakat dan personaliti-nya sih. Gue nggak terlalu suka milih yang paling populer(kecuali Mark), menurut gue makin banyak fans-nya makin berisik *PEACE! Jadi gue lebih suka yang adem-ayem tapi tetap ada buat support dia. Dan gue juga nggak tau kenapa ujung-ujung-nya milih idol fav yang imut-imut gini hahaha.. (yah nggak gue nggak jadiin mereka sebagai jodoh gue juga sih, jadi nggak masalah BUAHAHAHA).

My Sister        :”Soalnya mereka berdua dewas asih de, kalau di EXO itu si Suho dan Kai kan   kalau aku liat di Knowing Brothers. Sedangkan yang kamu demenin itu siapa? si     Jinyoung cakep juga sih, tapi terlalu anak-anak banget. Itu sama Daehwi lucu           banget ya. Kalau di EXO mirip Baekhyun dan Chanyeol, Persis!”


WHAT? JINHWI is CHANBAEK VER. 2??????
(PLEASE,MEREKA HANYA SAHABATAN DEKAT YAH)





OKE BYE! *LOL





Postingan terpanjang seumur hidup gue ini keknya..

You Might Also Like

0 komentar

Komentarlah dengan bijak :)